Tuesday 28 January 2014

Syalala Hari Ini

Beginilah rasanya oh rasanya jadi sang penyusun skripsi. Langkah awal yang butuh perjuangan. Ibarat nahan pipis. Katanya, Bab I itu bab paling "heboh" dan ternyata memang benar. Saya sudah kurang lebih 2 kali ganti topik dan sekarang belum tahu akan membahas topik apa. Topik pertama yang saya ajukan kepada dosen pembimbing saya adalah "Peluang Pengembangan Agroindustri Kopi ... ". Beliau menerima, sebelum akhirnya menyarankan untuk mencoba mengambil topik "Model Pengembangan Agroindustri Kopi...". Merasa masih ingin mencari-cari topik, pada kesempatan bimibingan saya mengajukan topik baru, yaitu "Penerapan Agribisnis Kreatif dalam Pengembangan Agroindustri Kopi". Namun, setelah survey ke lapangan ternyata kurang ditemukan "kreativitas" yang dimaksud. Kembalilah saya menghadap Beliau dan mengatakan bahwa saya akhirnya memilih "Model Pengembangan" seperti yang Beliau anjurkan. Beliau bilang "Ini kamu sudah bagus, sudah mengarah kesana apa yang kamu buat ini. Kenapa tidak ini saja dilanjutkan? Ini, mengarahnya ke "peluang" atau "potensi"?" Peluang, Bu. Okay, semakin bulatlah keputusan saya untuk mengambil "Model Pengembangan" dengan fokus pada peluang. Bersamaan dengan saya saat itu, ada pula teman sebimbingan saya, yang juga mengambil komoditas yang sama dengan topik "Tantangan...". Berbincang-bincanglah teman saya dengan Ibu dosen, kemudian "Waaah, kalau begini bentrok bahasan kalian berdua. Waduuuh..." Singkat cerita, topik saya kembali diubah. Syalala.

Mohon doanya agar saya segera mendapatkan topik yang terbaik :))

No comments:

Post a Comment